Komparasi Aplikasi Daring dalam Pembelajaran Kuliah dimasa Pandemi Virus Corona

Penulis

  • Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Kata Kunci:

Komparasi, Aplikasi, Virus Corona, Covid 19

Abstrak

Pada masa ini penyebaran Virus Corona Covid-19 sedang melanda dunia, Negera indonesia juga terkena dampaknya, terutama dalam dunia pendidikan dimana proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan secara tatap muka diruang kelas. Maka akibat dari pendemi ini proses belajar mengajar harus dilakukan melalui daring online. Peran teknologi sistem informasi menjadi sangat berarti dalam pembelajaran diperkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa model kondisi pembelajaran dikampus serta peran teknologi sistem informasi dalam pembelajaran kuliah ditengah pandemi virus corona covid-19 pada STMIK Sinar Nusantara Surakarta. Metode penelitian yaitu melakukan Observasi dan Studi Pustaka untuk mendapatkan data dan informasi yang digunakan dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini berupa komparasi Aplikasi daring dalam pembelajaran kuliah dimasa pandemic virus corona, seperti : Aplikasi google classroom, whatsapp, zoom. Dari sekian media belajar online tersebut terbukti google classroom : 55,9% banyak digunakan media share materi dan tugas, sedangkan kuliah video conferences pengguna terbanyak Google Meet sebanyak : 70.6%. Adapun hasil analisa dari nilai pembelaran daring ini yaitu : 44,1%. Berdasarkan data tersebut maka menunjukan bahwa peran teknologi sistem informasi sangat berperan penting dan membantu dalam proses belajar mengajar ditengah pandemi virus corona covid-19.

Referensi

Rothan HA, Byrareddy SN. The epidemiology and pathogenesis of corona virus disease (COVID-19) outbreak. J Autoimmun, 2020; published online March 3. DOI: 10.1016/j.jaut.2020.102433.

Ren L-L, Wang Y-M, Wu Z-Q, Xiang Z-C, Guo L, Xu T, et al. Identfcaton of a novel coronavirus causing severe pneumonia in human: a descriptve study. Chin Med J. 2020; published online February 11. DOI: 10.1097/CM9.0000000000000722.

Huang C, Wang Y, Li X, Ren L, Zhao J, Hu Y, et al. Clinical features of patents infected with 2019 novel corona virus in Wuhan, China, Lancet. 2020;395 (10223):497-506.

World Health Organizaton. Situaton Report – 42 [Internet]. 2020 [updated 2020 March 02; cited 2020 March 15]. Available from: htps://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200302-sitrep-42-covid-19. pdf?sfvrsn=224c1add_2.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Info Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI [Internet]. 2020 [updated 2020 March 30; cited 2020 March 31]. Available from: htps://infeksiemerging.kemkes.go.id/.

Prasetya, E., 2006, Case Based Reasoning untuk mengidentifikasi kerusakan bangunan, Tesis, Program Pasca Sarjana Ilmu Komputer, Univ. Gadjah Mada, Yogyakarta.

Zhang T, Wu Q, Zhang Z. Probable Pangolin Origin of SARS-CoV-2 Associated with the COVID-19 Outbreak. Curr Biol. 2020; published online March 13. DOI: 10.1016/j.cub.2020.03.022.

F. Efendi and M. Krisanty, “Warehouse Data System Analysis PT . Kanaan Global Indonesia,” vol. 01, no. 02, pp. 2–5, 2020.

T. F. E. Nendy Akbar Rozaq Rais, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BATIK DI TOKO ANDINI PLUPUH,” Pros. Semin. Nas. Call Pap. STIE AAS, vol. 2, no. November 2020, pp. 1–6, 2020.

Chan JF-W, Kok K-H, Zhu Z, Chu H, To KK-W, Yuan S, et al. Genomic characterizaton of the 2019 novel human-pathogenic coronavirus isolated from a patent with atypical pneumonia afer visitng Wuhan. Emerg Microbes Infect. 2020;9(1):221-36.Wallace, V. P., Bamber,J. C. dan Crawford, D. C. 2000.

Hartanto, Wiwin. (2016). “Penggunaan ELearningSebagai Media Pembelajaran”, Jurnal UNEJ, diakses 20 april 2020.

T. F. Efendi, R. Rahmadi, and Y. Prayudi, “Rancang Bangun Sistem Untuk Manajemen Barang Bukti Fisik dan Chain of Custody (CoC) pada Penyimpananan Laboratorium Forensika Digital,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 53–63, 2020, doi: 10.26905/jtmi.v6i2.4177.

Arnesi Novita dan Hamid Abdul. 2015. “Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi &Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Juni 2015, p-ISSn: 2355-4983; e-ISSN: 2407-7488, diakses 20 april 2020.

Chandra Edy. “Youtube, Citra Media Interaktif atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, Vol. 1, No. 2, Oktober 2017: hlm 406-417, diakses 21 april 2020 citanya dan segenap pengajar baik guru maupun dosen tetap semangat menyebarkan ilmu pengetahuan.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-09

Cara Mengutip

Muqorobin, & Nendy Akbar Rozaq Rais. (2021). Komparasi Aplikasi Daring dalam Pembelajaran Kuliah dimasa Pandemi Virus Corona. Jurnal Informatika, Komputer Dan Bisnis (JIKOBIS), 1(01), 019–031. Diambil dari https://jurnal.itbaas.ac.id/index.php/jikobis/article/view/10