Analisis Kualitas Aplikasi SIMEKA Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Delone and Mclean
DOI:
https://doi.org/10.29040/622pmn91Keywords:
APLIKASI SIMEKA, Kualitas Aplikasi, Kepuasan Pengguna, DeLone and McLeanAbstract
SIMEKA adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mentransformasi sistem manajemen kepegawaian secara digital, mempermudah pengelolaan dan pengendalian, serta memotivasi peningkatan produktivitas kinerja ASN di Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Permasalahan pada aplikasi ini yaitu mengalami beberapa kendala seperti error pada absensi fingerprint, titik lokasi yang tidak akurat, sering mengalami bug, dan kesulitan login. Hal tersebut membuat penulis perlu melakukan analisis untuk mengetahui kepuasan pengguna pada aplikasi tersebut. Tujuan penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna aplikasi SIMEKA menggunakan metode DeLone and McLean yang terdiri dari tiga variabel bebas (independen) yaitu Kualitas Sistem (System Quality), Kualitas Informasi (Information Quality), dan Kualitas Layanan (Service Quality) dan satu variabel terikat (dependen) yaitu Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Data diambil dengan menyebarkan kusioner dan mendapatkan sebanyak 182 orang yang merupakan pengguna dari aplikasi SIMEKA. Pengelolaan data penelitian ini menggunakan SmartPLS (Smart Partial Least Square) 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji yang dilakukan terhadap variabel memiliki nilai yang signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna pada aplikasi SIMEKA, dengan indikator yang mempengaruhi yaitu System Quality, Information Quality, Service Quality, User Satisfaction sehingga pengguna puas terhadap aplikasi SIMEKA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 chandy ophelia, Nur Azmi, Errissya Rasywir, Suyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.