Analisis Kualitas Aplikasi SIMEKA Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Delone and Mclean

Authors

  • chandy ophelia Universitas Dinamika Bangsa
  • Nur Azmi Universitas Dinamika Bangsa
  • Errissya Rasywir Universitas Dinamika Bangsa
  • Suyanti Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.29040/622pmn91

Keywords:

APLIKASI SIMEKA, Kualitas Aplikasi, Kepuasan Pengguna, DeLone and McLean

Abstract

SIMEKA adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mentransformasi sistem manajemen kepegawaian secara digital, mempermudah pengelolaan dan pengendalian, serta memotivasi peningkatan produktivitas kinerja ASN di Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Permasalahan pada aplikasi ini yaitu mengalami beberapa kendala seperti error pada absensi fingerprint, titik lokasi yang tidak akurat, sering mengalami bug, dan kesulitan login. Hal tersebut membuat penulis perlu melakukan analisis untuk mengetahui kepuasan pengguna pada aplikasi tersebut. Tujuan penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna aplikasi SIMEKA menggunakan metode DeLone and McLean yang terdiri dari tiga variabel bebas (independen) yaitu Kualitas Sistem (System Quality), Kualitas Informasi (Information Quality), dan Kualitas Layanan (Service Quality) dan satu variabel terikat (dependen) yaitu Kepuasan Pengguna (User Satisfaction). Data diambil dengan menyebarkan kusioner dan mendapatkan sebanyak 182 orang yang merupakan pengguna dari aplikasi SIMEKA. Pengelolaan data penelitian ini menggunakan SmartPLS (Smart Partial Least Square) 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji yang dilakukan terhadap variabel memiliki nilai yang signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna pada aplikasi SIMEKA, dengan indikator yang mempengaruhi yaitu System Quality, Information Quality, Service Quality, User Satisfaction sehingga pengguna puas terhadap aplikasi SIMEKA

Downloads

Published

2025-07-02

How to Cite

Analisis Kualitas Aplikasi SIMEKA Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Delone and Mclean. (2025). Jurnal Informatika, Komputer Dan Bisnis (JIKOBIS), 5(1). https://doi.org/10.29040/622pmn91

Similar Articles

1-10 of 11

You may also start an advanced similarity search for this article.